Senin, 25 Juni 2018

Tips Agar Otak Cedas Prespektif ISLAM

Rahasia Santri Kuat Hafalan-nya


Mencerdaskan dengan Otak kekuatan doa

Ada dua seorang santri (murid), sebut saja dia Zaid. Hari senin adalah hari dimana rapot akan dibagikan pada para santri (murid). Perasaan zaid sangat deg deg kan sekali, apakah nilai-nya bagus atau jeblok.

Satu persatu santri (murid) di panggil kedepan untuk mengambil rapot-nya masing-masing.
Umar Mukhtar...maju kedepan nak “panggil ibu Guru”.. ini rapot mu , lalu umar pun membuka rapotnya, ehh ternyata dan ternyata nilainya sangat memuaskan hampir semua mapel dia mendapatkan nilai 80. Dia pun sangat gembira dengan prestasi yang diperolehnya.
Kemudian kini tiba giliran Zaid untuk maju kedepan mengambil raportnya. Zaid ....maju kedepan .  Zaid pun kedepan dengan rasa deg deg kan yang luar biasa . ini nak raportmu..Zaid pun kemudian membuka ternyata eh ternyata nilai-nya zoonnnkkkkkk dan sangat mengenenaskan hampir semua mapel dia mendapat 65.

Zaid pun sangat terpukul dengan keadaan itu. Dan belum bisa menerima kenyataan, akan tetapi dia tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Dia terbakar api semangat dan ingin mendapat nilai bagus, dia terinspirasi oleh temannya yang mendapatkan nilai bagus yaitu Umar. Dia tahu  kenapa Umar mendapat nilai bagus. Karena umar sehari-seharinya adalah santri yang rajin belajar dia diamana-mana membawa buku/kitab untuk di pelajari isi. Oleh karena itu Zaid ingin mencoba apa yang dilakukan umar sehari-hari, dia mulai membawa buku kemana-mana, dia pelajari, dia baca berulang kali. Akan tetapi apa yang terjadi penonton?. Ternyata dia kesulitan memahami apa isi buku itu . dia terus berjuang keras agar bisa faham, dia baca buku itu berulang-ulang kali. Akan tetapi tetap tidak faham. Zaid pun putus asa, dia pergi ketaman sekolah kemudian berbaring  di tempat duduk taman sambil menutupi kepalanya dengan buku yang sedang dipelajarinya. Dan berkata ..siib nasibb sekali bodoh tetap bodoh..

Dari kejahuan Umar melihat Zaid yang sedang berbaring ditaman, “itu kan Zaid ngapain dia tidur ditaman, masak dia strees dan akhirnya gila akibat nilai yang diperolehnya” Umar pun penasaran kepada apa yang dilakukan Zaid, rasa penasaran itu akhirnya mendorong langkah kaki umar untuk menghampirnya. Zaid....ngapain kamu tidur ditaman? , apa kasur mu lagi basah kena ompolmu hhhhhh. Ledek Zaid pada Umar “ huustt diam kamu berhentilah mengejek ku, aq lagi galau nihhh’”....memangnya kamu kenapa ? diputus pacar kah...atau klub sepak bolamu kalah atau duit kamu hilang ??... bukan itu semunya ....lalu apa yang menyebabkan dirimu seperti ini?
Zaid pun bangkit dan duduk disamping umar. “begini mar saya ini ingin sekali mendapatkan nilai yang bagus sepertimu, maka dari itu aku belajar keras, seperti yang apa yang kau lakukan setiap hari, akan tetapi aku sangat heran. Siang malam aku membaca buku ini akan tetapi bukan pemahaman malah capek dan letih yang ku dapat, aku benar-benar tidak faham apa isi buku ini. Sebenarnya apa yang salah pada diriku ini mar...?
Ha ha ha ha ha ha ha...gini lohh Zaid, kamu tahu kan mobil..? ..ya tentu saja saja tahu mar..
Kamu juga tahu bahan bakarnya ..? ya saya juga tahu .. bensin pertamax dan sejenisnya kan..
Apabila mobil itu tidak ada bahan bakarnya apa yang terjadi..? ya tentu saja mobilnya tidak bisa berjalan tho...
Dan kamu apakah tahu apabila mobil tidak ada tapi bahan bakarnya  ada? Ya tentu saja tidak bisa jalan juga wong mobilnya tidak ada koq...maarr.
Yah..jadi intinya satu sama lain harus beriringan kan, mobil dan bahan bakar harus ada dan melengkapi. Begitu pula keadaanmu sekarang .kamu terus belajar .ok itu memang bagus tapi itu kurang sempurna. Karena kamu hanya belajar saja akan tetapi tak pernah berdoa. Pada hakekatnya segala ilmu di dunia ini milik Allah SWT . jadi kita ya harus minta agar mendapatkan ilmu kepada yang memiliki, agar diberi. Belajar saja tidak cukup tanpa disertai doa, jika belajar saja ibaratnya kamu punya bensin tapi tidak punya mobil, jadi kalau ingin jalan harus punya mobil juga punya bensin. Dan jika ingin cerdas harus punya ketekunan yang keras dan ridho Allah SWT.
Jadi aq harus bedoa dan belajar gitu mar..? ya iya lah masak ya iya donk ...hhhhh
Lalu bagai mana doanya mar...?
Rahasia formula doaku hingga bisa dapat nilai yang bagus-bagus adalah fa fahamna ha 7 kali setiap hari ...zaid !! dan ini riel .yang dijazahkan oleh mbah Yai ku waktu aku di pondok. dan ampuh. jika kamu benar-benar yakin!!!!
Bagai mana itu doanya maar???
Begini bunyi bacaannya..
                 بسم الله الرحمن الرحيم
فَفَهَمْناها سليمان وكلاً اتينا حكما وعلما وسخرما مع داود الجبال يسبحناوالطير وكنا فاعلين.يا حي يا قيوم يا رب موسى وهرون ونوح وابراهيم وعيسى ومحمد صلى الله وسلم اكرمنى بجودة الخفض وسرعة الفهم وارزقنى الحكمة ومعرفة االعلم وثبات الذهن والعقل والحلم بحق محمد صلى الله عليه وسلم. يا رب العالمين.

            ( الديرابى الكبير ص ‍١٢٦)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar